mengenal berbagai merek mobil nasional (mobnas)

Pagi ini saya baca di detikOto ada lomba design aksesoris sebuah mobil nasional yang bernama tawon. Nama yang menyengat :mrgreen: sejujurnya saya kurang mengikuti perkembangan tentang mobnas atau mobil nasional. Terakhir yang tertanam di memori otak saya adalah tentang si mobil Timor yang dikemudian hari di kasih komentar negatif di mana – mana.

Ceritanya saya search tuh si mobil tawon, ternyata google memberi beberapa rujukan tentang mobil nasional lain. Sekalian saya kumpulin beberapa foto dan artikelnya juga.

Mobil Gea

mobil nasional gea
Mobil nasional GEA produksi PT Industri Kereta Api (INKA) dilaunching akhir Oktober 2010 kemarin (rencananya). GEA diprediksi dapat menarik masyarakat untuk memilikinya sebagai micro car 650 CC, yang ekonomis, lincah dan tangguh. berkapasitas penumpangnya 4 orang dan berbahan bakar Bio Fuel Engine (Premium dan LPG) seharga dibawah Rp 50 juta.

GEA adalah mobil micro car yang sistem pengeraknya, tipe intak : penggerak depan. Daya maksimum kapasitas : 20 kw/5300 rpm (650 CC). Suspensi depan maupun belakang dengan menggunakan Per keong dengan peredam kejut.

Transmisi mobil nasional ini tipenya manual dengan tingkat kecepatan 4 tingkat. Pengereman depan dengan menggunakan Disk Brake, sedangkan belakang rem tromol.

Dimensinya, mempunyai panjang 3.210 mm, lebar 1.430 mm, tinggi 1.705, jarak roda 1.984 mm, jarak tapak roda depan 1.277 mm dan jarak tapak roda belakang 1.267 mm. Kapasitas penumpang sebanyak 4 -5 orang dan kapasitas tangki sebanyak 30 liter, dengan perbandingan 1 : 25.

Uniknya penjualan mobil GEA ini untuk sementara hanya bisa dilakukan lewat Koperasi termasuk suplai spare partnya maupun layanan service.

Mobil Arina

Mobil nasional yang diprakarsai oleh salah satu Dosen Teknik Mesin Unnes (Universitas Negeri Semarang) dan pembuatannya disponsori oleh Pangesthi. Merek dagang Arina juga terdaftar di Departemen Hukum dan HAM RI untuk kategori alat transportasi.

mobil nasional arina

Mobil tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter dengan volume ruang sekitar 2.400 liter dengan kapasitas tempat duduk untuk dua orang dan tempat bagasi.

Alasan utama kenapa dibuat “microcar” adalah untuk tujuan ekonomis dan efisiensi, karena konsumsi bahan bakar jenis premium sekitar 40 kilometer/liter.

Mobil Esemka

Esemka pengejaan dari SMK, karena mobil ini diakui sebagai hasil karya anak – anak SMK. Mobil double cabin yakni Esemka Digdaya dibuat oleh 50 orang siswa SMK 1 Singosari, Malang selama 3 bulan dengan modal dasar sebuah mesin injeksi eks Timor berkapasitas 1.500 cc. Untuk bagian kerangka, mereka memilih kerangka Isuzu Panther dengan suspensi dari Mitsubishi L300.

Meski seperti model modifikasi tapi untuk design esemka sendiri diklaim hasil karya anak SMK dalam negeri sehingga mobil esemka masuk dalam mobil nasional.

mobil nasional esemka

Setahun kemudian, mobil esemka pun berhasil dipasarkan. Para calon konsumen yang ingin membeli mobil Esemka dapat melihatnya di SMK 2 Solo, SMK 5 Solo, SMK Warga Solo, SMK Muhammadiyah Borobudur dan SMK 1 Singosari, Malang. Kelima SMK ini adalah pembuat mobil nasional ini.

PT Autocar Industri Komponen (AIK) adalah perusahaan yang membantu para siswa SMK untuk mengembangkan kedua mobil karya mereka ini. Sementara untuk ATPM-nya, penjualan dan distribusi Esemka akan dipegang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.

Esemka diluncurkan 17 Agustus 2010 kemarin (rencananya) dalam dua model yakni Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Rajawali dan double cabin bernama Digdaya. Untuk mesin bensin saja baik Esemka Rajawali dan Esemka Digdaya tersedia dalam tiga pilihan mesin yakni mesin berkapasitas 1.800 cc, 2.000 cc dan 2.200 cc, sedangkan untuk diesel Esemka akan tersedia dengan mesin 2.500 cc.

Rajawali harganya tidak akan sampai Rp 180 juta dan untuk Digdaya harganya tidak akan sampai Rp 150 juta.

Mobil Tawon

mobil, nasional, mobil nasional, tawonPT Super Gasindo Jaya adalah produsen mobil Tawon, sebelum memproduksi mobil nasional , Perusahaan ini sudah memiliki reputasi dalam mengembangkan truk untuk kepentingan perkebunan dan pertambangan. Meski bisnis utamanya dalam bidang bahan bakar gas.

Spesifikasi Tawon:

Mesin : 4 Stroke 3 silinder Dual Fuel, Volume ruang bakar : 650 cc, Bahan Bakar : Bensin dan Gas, Transmisi : Manual 4 Speed, Kapasitas penumpang : 4 orang dan Harga jual : Rp 48 juta.

Mobil yang diproduksi di Rangkasbitung ini dibanderol seharga Rp 48 juta (OTR),hampir sama dengan mesin milik GEA, namun sayangnya dari sisi sentuhan model lebih terlihat klasik dan tingkat kehalusan pengerjaan, mobil ini masih terlihat kaku.

Setidaknya sampai bulan Mei 2009, Tawon mampu diproduksi hingga 600 unit per bulan.


Artikel dan foto diatas sebagian besar saya culik dari arsip us.oto.detik.com

About these ads

27 responses to “mengenal berbagai merek mobil nasional (mobnas)

  1. Ping-balik: Lomba desain aksesoris mobil nasional tawon « Agito Learn Internet·

  2. Harus ada dukungan dari masyarakat Indonesia sendiri,,
    Mudah-mudahan bisa segera diproduksi masal,,

  3. sebentar bro, tolong di cek apakah gambar yang ditampilkan pada mobnas arina sudah benar?apakah itu bukan gambar mobil DAIMLER-MERCEDES BENZ SMART FORTWO?kalau tidak percaya coba cek dan bandingkan gambarnya ( ini alamat linknya : http://www.auto-car.co.id/content/look/14/2046/Smart-Fortwo# ). kalau di logika, indonesia saat ini belum mampu bikin mobil berkualitas,minimal pada bagian body-nya saja, karena yg saya tahu untuk membuat matras/master body mobil berkualitas saja butuh dana sekitar hampir 170 Miliar Rupiah! belum riset dan pengembangan sebelumnya dan biaya produksinya.belum juga riset dan pembuatan mesin, sasis,dan teknologi penyertanya.Kalau sekedar pesenan khusus ke pabrik di korea atau india dan diberi merk sendiri ( seperti merk Timor(KIA) dan Bimantara(hyundai) ) mungkin bisa.

  4. ayo mobnas maju trus,biar kita bangga bsa memakai mobil buatan anak bangsa.tapi ingat kualitas,dan standar ke amanan,kenyamanan harus tetap di perhatikan.sekali produk itu di cap jelek,maka pelanggan akan berpikir 2 kali tk pakai mobnas.harus kdepankan kwalitas,sehingga semua semua pns/intalansi pemerintah di negri ini bsa menggunakan mobnas.ayo..o maju trus rakyat indonesia dukung.

  5. Ping-balik: Najbolje igre i igrice na internetu·

  6. Bagus sihh…
    indo sudah semakin maju..
    tapi ada bbrpa saran..
    model sih boleh” aja.. tpi kg head lamp n stop lamp nya mengadopsi kepunyakan kndaraan laen seperti yang biru itu kn pke head lamp avanza.. saran saya buat model head lamp n stop lamp sndiri aja.. di custom… ayo semangat!!! masa kalah sama modifikator di indo yg bisa buat modif custom… go indonesia….

  7. katanya akan lebih murah , kox harganya sampai 180 jt ? aneh bnget ama pemerintah saya mohon harga mobil smk semuanya di bawah 100 jt , msk di samakan ama mobil merk luar ? apakah negara tdk mau membebaskan ppn ke mobnas ? hem

  8. MobNas MobNas MobNas Gembor gembor doank, Pemerintahnya gmn tuuuu
    Liat Kabar dari mobil GEELY dengan nama Intelligent Geely / IG. cuma 13 juta booook giliran masuk ke indonesia jadi 25 juta. weh gak keja apa2 pemerintah udah untung hampir 100%. betapa menyedihkan. bukannya gue bela produk luar neee. PR Buat Pemerintah aja de

  9. Ping-balik: unpas,universitas·

  10. Ping-balik: jaket kulit·

  11. Ping-balik: Kaskus Jual Beli·

  12. Wah yang arina modelnya keren tuh kaya smart for two, bisa buat pasaran internasional. Tinggal nyari investor aja.

  13. Sebagai warga negara Indonesia, saya pribadi sangat menyukai produk dalam negeri terutama mobil nasional.
    Namun sangat disayangkan, informasi tentang mobil nasional di Bali sangat minim, bahkan hampir tidak ada. Di internet banyak sekali ada informasi tentang mobil produksi Indonesia, namun tak satupun mencantumkan berapa harga OTR, dimana bisa membeli. Sehingga kami hanya sempat membaca spec-nya saja.
    Kalau berkenan, mohon informasi, berapa harga mobil nasional, seperti Arina, Gea dan Marlip untuk mobil pribadi dan dimana kami bisa membelinya untuk wilayah Bali? Jika ada yang tau tolong SMS saya di nomor : 08 1997 08 1998.
    Demikian atas informasinya, saya sampaikan terimakasih.

    Salam : Gusti Semadi Putra – Bali

  14. Klo ßĬު˚˚ªa mobnas jangan mahal”,agar msyrkat bawah juga ßĬު˚˚ªa punya mobil. Ayo lah kita dukung proyek mobnas,agar nanti’a anak” bangsa semakin berkreatif.majulah indonesia quan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s